KIMIA KELAS 10 SMA
PENEGENALAN
ILMU KIMIA
Ë
MATERI
:
segala seuatu yg mempunyai massa dan volume (menempati ruang)
Ë
SIFAT MATERI
√ Berdasarkan jumlah materi
a. Ekstensif
·
bergantung pada jumlah (£) materi
·
Ex:
massa,volume
2 batang emas mempunyai massa dan volum yg
berbeda
b. Intensif
·
tidak
bergantung pada (£) jumlah materi
·
Ex:
warna, daya hantar listrik, bau, rasa
√ Berdasarkan perubahan yang
terjadi pada materi
a. Sifat fisika
·
dapat
diamati tanpa harus mengubah susunan materi
·
!!!
sifat fisika dapat bersifat ekstensif dan intensif!!!
·
Ex: massa, volume, kalor, titik lebur, kelarutan
(ekstensif)
Warna,
bau, rasa (intensif)
b. Sifat kimia (terbentuk
materi baru)
dapat
diamati sebagai akibat terjadi perubahan suatu materi menjadi materi lain
sifat
kimia selalu bersifat intensif
Ex: karat besi, pembusukan makanan, pembakaran
Ë
WUJUD MATERI
√ Sifat fisis dari zat cair,
padat, dan gas
NO
|
PADAT
|
CAIR
|
GAS
|
1.
|
Mempunyai
bentuk tertentu
|
Memp.
Bentuk mengikuti wadah yang ditempati
|
Memp.
Bentuk mengikuti seluruh wadah yang ditempatinya
|
2.
|
Memp.
Volum tertentu
|
Memp.
Volum tertentu
|
Memp.
Volum tdk tentu mengikuti volum wadah
|
3.
|
Tdk
dpt di kompresi / ditekan
(cz.
Nilai kerapatannya tinggi)
|
Sulit
dikompresi
(cz.
Nilai kerapatannya relative tinggi)
|
Mudah
dikompresi
(cz.
Nilai kerapatannya rendah)
|
4.
|
Tdk
dapat bergerak
|
Mudah
bergerak/ mengalir
|
Sangat
mdh bergerak ke sgala arah
|
Ë
PERUBAHAN WUJUD / MATERI
A. Perubahan fisika
®
Perubahan
yg tdk menghasilkan materi baru
®
Cirinya
:
Melibatkan
perubahan bentuk dan wujud
Ex
: es menjadi cair
Pelarutan gula dalam air
Garam mengendap
B. Perubahan kimia
®
Perubahan
yang menghasilkan materi baru dan sulit/ tdk mungkin dikembalikan ke keadaan
semula
®
Cirinya
:
Perubahan
warna
“ suhu
Pembentukan
endapan
“ gas
®
Ex
: daging membusuk
Besi berkarat
Kamper menyublim
Ë
SOAL !!!!
!! tentukan termasuk
perubahan kimia/fisika!!
1. Lilin terbakar (kimia)
2. Pembuatan kompos (kimia)
3. Pembakaran sampah (kimia)
4. Pemisahan besi dari minyak
bumi (fisika)
5. Fotosintesis pada tanaman (kimia)
6. Pembuatan plastic (fisika)
7. Perubahan fosil menjadi
minyak bumi (fisika)
8. Lilin meleleh (fisika)
9. Kembang api dinyalakan (kimia)
10. Penguapan air laut (fisika)
1.
UNSUR
®
Zat murni yg hanya terdiri dari 1 jenis atom
& tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yg lebih sederhana melalui reaksi
kimia
Li
|
Lithium
|
B
|
bhoron
|
Na
|
natrium
|
Al
|
alumunium
|
K
|
Kalium
|
Ga
|
galium
|
Rb
|
Rubidium
|
In
|
indium
|
Cs
|
Cesium
|
Tl
|
telurium
|
Fr
|
fransium
|
®
2
. SENYAWA
®
Gabungan 2 unsur / lebih yg berbeda dan dapat
diuraikan ke bentuk sederhana melalui reaksi kima biasa
®
Ex :
Na + Cl ® NaCl
( Unsur Na + Unsur Cl ®
senyawa NaCl
3.
CAMPURAN
®
Gabungan 2/ lebih zat murni tanpa melalui reaksi
kimia
®
Jenis campuran :
A.
Larutan
Campuran homogen an 2 zat / lebih dimana
komponen” partikel” penyusunnya tersebar secara merata
Ex : larutan gula
Larutan garam
B.
Koloid
Campuran heterogen an 2 zat / lebih dimana
partikel” zat berukuran koloid (fase terdispensi®zat
terlarut) tersebar merata dalam zat lain ( fase pendispensi®zat pelarut) !!! dapat
dipisahkan dengan penyaring ultra!!!
Ex : camp.
Tepung kanji dan air
Tinja
Agar”
Susu
Cat
C.
Suspensi
Campuran heterogen an 2 zat / lebih dgn zat
tersuspensi berukuran suspense
!!! dapat dipisahkan dengan kertas saring biasa!!!
Ex : campuran pasir dan air
Ë
KADAR ZAT
DALAM CAMPURAN
1% : 104
bpj (ppm)
Ket:
Bpj
® bagian per juta
ppm® part per million
RUMUS BPJ (PPM)
x persen (%) kali 106
RECOUNT TEXT
-RECOUNT TEXT is text that tell about past experiences
-Past Experiences
a. funny experience
b. fun experience
c. happy experience
d. scary experience
e. embarrassing experience
-FORMULA OF SIMPLE PAST TENSE
S + V2 + O + ADV. TIME
|
AGREEMENT AND DISAGREEMENT
ASKING FOR AGREEMENT
|
EXPRESSING AGREEMENT
|
EXP.DISAGREEMENT
|
-Do you agree if we go to Lutfi’s home tomorrow?
|
-Yes,that will be great
-Yes, of course
|
-No, I disagree
-No, I don’t agree with you
|
-Do you agree to….?
|
-Yes, I agree with you
-That’s a good idea
|
-I’m sorry, I have a lot of work tomorrow
|
-What about going to Lutfi’s house tomorrow?
|
-Etc.
|
-Etc.
|
PRESENT PERFECT
~FORMULA
(+) She/He/It + Has + V3
(+) They/We/I/You + Has +V3
(-) S + Have/Has not + V3
> TIME SIGNAL
· Once
· Twice
· Three times
· Four times
· Since
· For
· Already
· Yet
· Etc.
Ø HOW TO USE PRESENT PERFECT TENSE
1. To express the idea that something happened (or never happened) before now at an unspecific time in the past. The exact time it happened is not important To express the idea that something happened (or never happened) before now at an unspecific time in the past. The exact time it happened is not important, Example:
a. People have treveled to moon
b. People havenot traveled to mars
c. He has already watched the movie
-you cannot use the present perfect with specific time expension sush as : yesterday, one year ago, last week, when I was a child, when I lived in japan, at the moment,that day, one day,Etc.
- We can use the present perfect with unspecific expenssions such as : ever, never, once,many time, several time,before, so far,already,yet,Etc.
2. To expressthe repetition of an activity before now
a. I have seen that movie twenty times
b. I have been to France three times
3. To express a situation that begin in past and continues to the present
a. I have lived in Blitar for 10 years
b. I have lived in Blitar since 1992
c. I have had a cold for two weeks
d. mary has loved chocolate since She was a little
!!! NOTICE
FOR = to express duration of time
SINCE= to express a particular time
|
PRESENT PERFECT CONTINOUS
- Used to indicate the duration of an activity that began in the past and continous to the present.
- TIME SIGNAL
a. For
b. Since
c. All day
d. All morning